22 Februari 2016

Don't be FOCUS

Banyak orang memberi petuah kalau ingin sukses itu harus Fokus pada satu bisnis dan totalitas menjalankannya. Saya setuju dengan hal tersebut.
Pertanyaan saya, kalau kita fokus pada banyak hal sekaligus, apakah kita bisa tetap sukses?

Pertanyaan diatas yang sekarang saya sedang jalani dan buktikan. Saya tidak terlalu kuatir dengan hasilnya nanti, apakah pertanyaan tersebut terbukti atau tidak terbukti. Tapi untuk saat ini pikiran saya memang saya paksa untuk bisa melakukan banyak hal sekaligus. Hitung-hitung menggunakan waktu luang ditengah kengangguran saya dari pekerjaan.


Banyak hal yang sekarang saya sedang kerjakan, mulai dari pekerjaan yang paling saya kuasai yakni menjadi seorang pengajar atau trainer yang sudah saya tekuni kurang lebih selama 6tahunan ini. Memang pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mendatangkan rejeki paling banyak (setidaknya sampai sekarang) dari obyekan saya yang lain. Tetapi yang namanya training belum bisa dilakukan setiap hari, apalagi untuk saya yang tidak punya lembaga atau payung yang menaungi nama saya. Jadi selama ini proyek training bisa didapat dari mantan boss, mantan kantor, teman, keluarga dan juga mantan klien dulu yang pernah bekerja sama.
Waktu disela-sela training ini yang sekarang sedang saya maksimalkan untuk melakukan banyak hal.


Saya berusaha tidak munafik, tujuan utama dengan melakukan banyak hal ini tidak lain tidak bukan adalah supaya pundi-pundi penghasilan saya bisa bertambah. Bukan tanpa alasan, tapi memang ada alasan kuat kenapa tujuan utama saya sekarang adalah seperti diatas. Tapi dampak lain selain hal diatas juga saya tidak bisa tolak, semisal saya bisa mengerti banyak hal, dan skill saya bertambah.

Selain menjadi Trainer, saya juga seorang web developer, alias penawar jasa untuk membuatkan web site. Dari perencanaan, desain, sampai programing saya bisa lakukan. Memang saya tidak sendiri, saya melakukan dengan tim tentunya. Sudah ada beberapa web yang kami bangun, saat ini saya sedang ada 3 web yang berjalan bersama untuk dibangun.

Trainer, web developer, tambah sebagai marketing jualan Tanah. Untuk hal ini saya bukan sebagai yang punya tanah, tapi lebih tepatnya saya sebagai broker yang mempertemukan pemilik dengan pencari. Sampai saat ini sudah ada 2 kapling yang saya bisa closing, dan keep counting.








Trainer, web developer, jualan tanah, dan lagi sebagai pengusaha sofenir. Usaha sofenir ini saya kerjakan dengan teman saya di Jakarta, beliau sudah punya pengalaman dengan dunia persofeniran bertahun-tahun, dari awalnya sebagai pegawai kini sudah mantab untuk berdiri sendiri. Kami sudah memiliki beberapa Clien tetap, untuk kerjaan ini memang kami menawarkan hal yang tidak ditawarkan oleh kompetitor kami. Apa itu? silahkan hub saya langsung..
Saat ini saja sedang berlangsung pembuatan Bantal sejumlah 300pc, plus ada beberapa katalog yang kami sedang cetak, kalau dihitung-hitung ada ribuan katalog, dan terus akan bertambah.

Trainer, web developer, jualan tanah, soufenir, plus Jualan Beras dan kacang-kacangan organik. Kalau masalah organik ini saya bergabung dengan adik sepupu saya, kami membawa bendera Tama Jaya Sejahtera. Kenapa saya mau untuk bergabung dan bersama-sama membesarkan usaha ini, karena memang saya tau benar siapa adik saya tersebut, dan semangatnya yang luar biasa juga menginveksi saya! Tama Jaya Sejahtera ini merupakan Distributor beras dan kacang-kacangan organik, yang hampir semua barang yang kami distribusikan sudah terdaftar di balai sertifikasi organik nasional dan lulus tes SNI. Jadi barang kami bukan barang organik biasa, yang hanya sekedar cap di labelnya.
Hubungan dengan petani pun kami mengupayakan supaya terjalin dengan baik, kami bukan TENGKULAK yang seenak jidat menentukan harga dari petani, tapi sistem kami selama ini menggunakan sistem FAIR TRADE alias harga yang harus kami bayar kepada petani adalah harga yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.
Selain itu yang membuat kami bangga adalah ternyata kualias kacang hijau organik kami sudah lolos standar export, dan bulan februari 2016 ini kami siap mengirim sekitar 3ton kacang hijau organik ke negara tetangga. Dan sedikit rahasia kami, beras kamipun sudah dikemas ulang oleh Merk Organik Nasional yang sudah punya jaringan toko di Indonesia.

Trainer, web developer, jualan tanah, soufenir, Jualan Beras dan kacang-kacangan organik, dan juga sebagai owner Kedai BarBar Jogja. Nha kalau yang satu ini memang saya akui kurang begitu concern, karena memang ada beberapa hal yang menjadikan kendala. Salah satunya adalah tempat yang lumayan jauh dari rumah, dan waktu bukanya pun sampai tengah malam. Kedai BarBar ini spesial menunya adalah Olahan Indomie, salah satu menu andalan kami adalah SuMi, atau SusuMie. Mie instan berkuah susu!
Selain itu masih ada puluhan menu lain di kedai kami.
Kedai yang terletak di Jl. Suryowijayan no.69 Jogja ini selain makanan juga menyediakan tempat yang nyaman untuk menghabiskan malam bersama teman, keluarga, ataupun kekasih hati.
Dengan konsep 2 alam, BarBar menawarkan sensasi yang berbeda dari yang lain.





Trainer, web developer, jualan tanah, soufenir, Jualan Beras dan kacang-kacangan organik, owner Kedai BarBar Jogja, and designer jugak! Untuk yang ini, memang sepertinya saya sudah mempunyai skill ini sejak awal kuliah dulu. Design yang sama biasa buat seperti logo, brosur, poster, ataupaun content untuk web site dan sosmed.

Trainer, web developer, jualan tanah, soufenir, Jualan Beras dan kacang-kacangan organik, owner Kedai BarBar Jogja, designer, yang terahir mencoba sebagai seorang driver alias Supir. Iya supir mobil dalam arti sesungguhnya. Tidak perlu malu, tidak perlu takut, tapi banggalah dengan usahamu. Dari pada hanya mengeluh dan berkeluh, lebih baik action, itu prinsip saya sekarang, ditambah apapun saya lakukan, semua demi "mereka"! asal perbuatan saya tetap dalam koridor batasan dari Firman Tuhan.

Sebenarnya selain hal diatas, saya juga sedang belajar beberapa hal, antara lain belajar bagaimana jualan SAPI, trus juga baru belajar bagaimana menjadi seorang pemasak, dan ada beberapa hal lain yang saya ingin kuasai dalam waktu kedepannya.

Banyak ya..
Bisa sukses dengan banyak hal tersebut?
Saya belum bisa menjawab, biar Tuhan dan Waktu yang membuktikan.
Yang penting "PROSES tidak pernah membohongi HASIL!"

salam,
Gideon Surya
God Bless

Tidak ada komentar: