02 November 2011

REAL STEEL, most "complete" movie ever made!

"Meragukan", kesan pertama yang terlintas didepan loket sebuah biokop di kota Jogja setelah melihat enaknya lihat apa, dan ada salah satu film yang sedikit menarik perhatian saya. Ya, film robot, film kesenangan saya yg termasuk penggila film2 Sci-Fi. Tapi kq robot plus tinju?? dari pada pilihan film lain yang sepertinya bukan selera saya, ya saya beli lah tiket untuk pertunjukan terahir dihari itu. Semakin penasaran saya ketika melihat daftar isi tempat duduknya, ternyata untuk jam pertunjukan terakhirpun studio itu sudah hampir penuh terisi. hmmm, ada apa dengan film ini...
21.20 waktu menunjukan, dan terdengar pula suara mbak2 yang dengan halusnya mengundang para penonton untuk segera masuk ke studio 3 karena katanya mbaknya film sudah mau segera dimulai. Berduyun-duyunlah saya dengan kaos abu dan sandal jepit andalan masuk ke ruang pertunjukan dan tentunya tanpa membawa pop corn ato minuman yang dijual didepan loket. "eman-eman" je..
      dan ternyata.,.MANTABS gan ni film, more than Transformer!!

Kenapa saya bilang film ini lebih dari TRANSFORMER, Real Steel merupakan cerita gabungan yang di mix dengan amat cantiknya oleh sutradara Shawn Levy ( Night at the museum I&II). Dia menggabungkan hampir semua unsur film yang menarik, sebut saja dari segi Sci Fi, drama keluarga, komedi, action semua ada! diramu menjadi satu menjadi suatu tontonan yang menarik sangat. Sedangkan menurut saya Transformer merupakan film terbaik dari segi SciFi saja. Ini mengapa saya bilang bahwa film Real Steel ini sangat komplittt. 
Kisah sangat menyentuh yang menggambarkan seorang ayah "Charlie" yang diperankan oleh Hugh Jackman dan anak laki-lakinya "Max" diperankan oleh Dakota Goyo yang mengalami perjalan singkat dalam belajar tentang hormat dan cinta. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari film ini. Dari belajar apa itu cinta terlebih cinta seorang ayah kepada anaknya, begitu pula sebaliknya, belajar bagaimana menghargai kesempatan kedua dan menebus kesalahan lalu, bagaimana kita harus berjuang dari hal kecil, belajar arti sukses sebenarnya dan masih banyak lagi yang menarik dari film ini. 





"Belajar apa itu cinta terlebih cinta seorang ayah kepada anaknya, begitu pula sebaliknya"
Cerita ini berawal dari kedatangan seorang anak lakilaki "Max" kepada ayahnya "Charlie" yang sudah 11 tahun berpisah, walau awalnya Charlie menolak untuk mendidik dan mengasuh anak tersebut, namun pada akhirnya ikatan ayah dan anak inipun tercipta dengan luar biasanya. Tetapi pada akhir2 film ini, Charli berfikir untuk mengembalikan Max kepada kakak dari ibunya, karena Charlie berfikir bahwa kehidupan Max akan jauh lebih baik jika bersama mereka dari pada bersama dia. Ada kalimat menarik "You deserve better… than me", kalimat yang diucapkan Charlie kepada Max. Memang benar, menurut logika biasanya kalau Max hidup bersama sebut saja Tantenya dia akan mendapat masa depan yang lebih baik, karena tantenya merupakan orang kaya yang bisa menyediakan apa saja yang dibutuhkan Max, sedangkan Charlie hanya punya truk tua yang berisi robot butut nya. Namun ternyata Max menghendaki untuk terus bersama ayahnya, tetapi karena Charlie sudah menandatangani perjanjian hak asuh maka dia tidak bisa berbuat apa2, dan yang menarik adalah kalimat yang diucapkan Max "I want you to fight for me!". Max ingin ayahnya berjuang buat dia, tidak hanya menyerah pada keadaan, bahkan keadaan yang sebenarnya sangat sulit sekalipun. Dia--Max hanya ingin ayahnya berjuang buat dia! dan memang, Charlie membuktikannya!

"Belajar bagaimana menghargai kesempatan kedua dan menebus kesalah lalu"
Real Steel menawarkan pelajaran bagaimana kita akan terus dihadapkan pada kesempatan kedua, kesempatan yang didapat Charlie ketika mendapatkan Max lagi. Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kesempatan ketika Charlie mendapatkan Robot barunya, dan kesempatan belajar dari orang lain bahkan dari anak kecil!

"Bagaimana kita harus berjuang dari hal kecil"
Atom, nama robot model lama yang ditemukan Max di tempat rongsokan inilah yang menjadi pusat perhatian selain Charlie dan Max. Atom kemudian di perbaiki dan diberikan sentuhan oleh tangan terampil Max yang diam-diam ternyata dia mahir dalam hal ini. Atom kemudian muncul menjadi petarung yang hebat diatas ring, karirnya dimulai dari pertarungan kelas bawah yang hanya menghasilkan uang $100. Namun karena kegigihan dan kesabaran Max, Atom akhirnya menjadi robot yang dapat turun dalam kejuaran profesional, tidak hanya berhenti disitu saja. Atom dengan arahan Charlie akhirnya mampu bertemu dengan juara dunia Zeus dalam pertandingan profesional tersebut. 

"Belajar arti sukses sebenarnya"
Walau pada akhirnya Atom dapat dikalahkan Zeus, namun para penonton dalam film tersebut justru malah mengelu elukan Atom, dan Max pun juga terlihat sangat bahagia! aneh memang, tapi memang ini hal yang menunjukan arti sukses sebenarnya. Sukses tidak selalu sama dengan materi, tidak selalu sama dengan prestasi yang tinggi! Poin ini merupakan poin yang paling menarik buat saya, kenapa? karena poin ini yang selama ini salah didalam pandangan masyarakat pada umumnya. Kebanyakan orang memandang arti kesuksesan sebagai kedudukan diatas, atau dalam bahasa sederhananya sukses sama dengan kaya, sukses sama dengan posisi tinggi, sukses sama dengan nomor 1. Tetapi memang tidak semua orang berpandangan seperti itu, salah satu teman saya pernah berkata bahwa tolong bedakan antara SUKSES dan PRESTASI. Jadi juara 1 itu berprestasi gak? wo ya tentu, tapi sukses gak?? menjadi pemenang itu berprestasi gak??tapi apakah sukses?? jadi orang berkedudukan tinggi tu berprestasi gak??tapi apakah juga sukses??
Sama seperti Atom, walaupun dia kalah dan tidak berprestasi maksimal namun tetap saja Max dan Charlie menganggap itu sukses besar. Atau juga sama seperti pandangan Charlie terhadap kehidupan yang akan didapat Max jika dibesarkan oleh Tantenya, memang masa depannya terjamin, tapi apakah Max menganggap itu kesuksesan?? Max lebih senang hidup dijalan dengan truk dan robot tua asal besama ayahnya. Lucu ya hidup ini! tapi memang itu lah hidup. 

So intinya kalau ingin belajar banyak dari film ini ya tentunya TONTONlah, baik itu di bioskop, atau dengan sabar menunggu versi originalnya di persewaan DVD didekat rumah anda. :)

dan pastinya Anda akan bersorak, menangis, tegang, tertawa dan terhibur secara menyeluruh!!


2 komentar:

tomimumemo mengatakan...

Mantab review na pak DEON, bagi2 link Blue Ray nya dong pak, kami sudah cari d mbah google cm belum nemu2 je..^^

deon_surya mengatakan...

Wah makasih pak Tomi,. tapi maap saya juga belum nemu link blue ray nya.. belum ada mungkin ya, ato teknik pencarian saya yg belum yahud..ehehehe nonton di bioskop aja pak, lebih mantabs,.gak rugi juga kq :)