26 Oktober 2011

Bekerja = BERMAIN

sumber foto http://tanjungferiendorf.files.wordpress.com
Bekerja itu sama saja ma bermain! statmen itu menurut saya WOW! mantab jaya pokoknya. Memang statmen yang seharusnya semua orang cari, bekerja bukan hanya untuk mencari uang, mencari penghidupan, tapi bekerja untuk mencari ladang permainan baru. Itu yang dinamakan menghidupi "panggilannya", ato dalam bahasa yang lebih keren "passionnya". Banyak orang bingung mencari passion mereka, padahal kalau boleh bercerita beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan teman saya perlihal pencarian passion ini. Saya tanya, menurutmu passion q apaan sech? kq aq kayaknya belum dapat ya? trus dia balik tanya, menurutmu (dalam hal ini saya) passion tu apa? knapa harus dicari? dan munculah argumen-argumen dan teori-teori tentang passion menurut saya yang intinya adalah passion itu harus dicari dan passion itu nantinya yang akan menentukan pekerjaan saya. 
Jawaban teman saya ternyata sederhana, dia bilang bahwa sebenarnya passion kita tuh sudah ada! dan GAK PERLU DICARI! bener juga ya, sebenarnya setiap dari kita tau apa passion kita, permasalahannya adalah kita selalu menghubungkan pekerjaan dengan passion. Nha klo dalam pekerjaan kita tidak merasa pas, kita selalu menyalahkan klo kita belum nemu passion kita. padahal passion itu kan dalam bahasa gampangnya ya kesenangan kita to? klo kita seneng bermain dengan komputer ya passion kita berhubungan dengan komputer, klo kita seneng dengan kamera passion kita gak jauh-jauh dari fotografi, klo kita seneng dengan berhubungan ma orang lain kemungkinan passion kita ya gak jauh jauh dari bidang hiburan, dll lah. Ato klo bisa dikatakan passion itu ya ketika kita sedang mengerjakan hal tersebut kita merasa sangat menikmati dan gak merasa terbebani banyak, ya seperti waktu kita bermain lah. Klo kita liat anak2 kecil sedang maen-maen itu kan ciri2nya : gak tau waktu, pengennya maen terus, gak bisa diam, gak peduli pendapat orang lain, gak peduli udah makan apa belum, ktawa-ktiwi dan seneng.
Nha sekarang cara yang paling gampang buat melihat pekerjaan kita tuh sama gak sech dengan passion kita ya dengan menyamakan ma ciri2 anak2 maen tadi.
  1. Gak tau waktuSama dengan pekerjaan kita, liat aja lah, klo kita sedang bekerja kita cenderung pengen cepat selesai, pengen cepat pulang atau gak krasa tiba2 dah jam pulang?? nha klo kita selama kerja tu kecenderungan kita sering liat jam, jam itu kq rasanya laammaaaaa bgt! nha tanda2 dech klo kita gak bisa menikmati pekerjaan itu seperti bermain. Beda halnya kalau waktu itu cepet banget jalannya, kemungkinan memang itu kesenengan kita.
  2. Pengennya maen terus
    Pernah dulu saya kerja di salah satu LSM diJogja, dan bener2 gak tau waktu kerjaannya. Pagi sampe malam pun bisa kerja, tapi anehnya ya itu. klo dah pulang kerumah, pengennya tuh balik lagi ke kantor, sampe2 malah males pulang.hehehe Pengennya tuh ada dikantor terus, walaupun pasti ada saatnya pulang dan istirahat. Tapi ya itu, selesai istirahat pengen lagi balik kerja lagi. so Bagaimana dengan pekerjaan kita?? jangan2 males banget klo dah bangun pagi dan harus berangkat kerja??
  3. Gak bisa diam
    Bener gak, klo waktu kita maen kita tuh pastinya akan gerak sana sini, ya klo gak pun minimal ngobrol ma temen kan?? sama juga, klo kita kerja dan itu buat kita males gak ngapa2in, nha kemungkinan itu bukan passion kita. Klo memang itu passion kita pastinya kita akan melakukan dengan antusias!
  4. Gak peduli pendapat orang lain
    Waktu kita maen dulu pas masih anak2, sering gak kita gak nggubris omongan ortu kita? "ayo jangan maenan itu", "ayo dah malam, pulang dulu", "tidur siang dulu, nanti maennya dilanjutin", n omongan yang laen lah. Kecenderungan kita kebanyakan ya tetep maen. ya walau klo jeweran sudah mendarat di kuping kita baru deh kita nurut.heheh :) Sama juga pas kita kerja, mungkin banyak orang yang bilang "ngapain kerja disitu, disitu kan gajinya dikit", "ngapain kerja itu, kan sulit", "jangan kerja disitu dech, bosnya gak becus", "klo kerja disitu masa depanya suram, gak ada jenjang karir yang jelas" dll. Kalau memang passion kita disitu, jamin dech apapun omongan orang kita tetep aja jalanin kerjaan itu dengan happy tentunya.
  5. Gak peduli udah makan pa belum
    Ciri ini sepertinya agak sensitif dengan sebagian orang, klo waktu kita maen kadang memang kita gak peduli udah makan apa belum, waktu kita terlalu berharga dilewatkan hanya demi makan saja. Hal ini sama juga kalau kita kerja sesuai passion kita, kita cenderung gak mikirin akan dapat apa kita nantinya, dapat gaji berapa, dapat bonus berapa. Pernah liat orang-orang "aneh"? yang mereka lulusan kedokteran terbaik, dan sudah dapat panggilan ke banyak rumah sakit dengan masa depan yang cerah tentunya, tapi "anehnya" mereka memilih untuk pergi ke pedalaman, berbagi kasih dengan orang-orang disana. Mereka gak dapat apa2, gaji juga cuma dapat dari penduduk sekitar. Tapi mereka tetap antusias! ini anehnya!! atau pernah liat guru2 yang rela mengajar di sekolah2 yang muridnya anak2 jalanan, yang sekolahpun mereka gratis, dari mana guru ini dapat makan? tapi tetap aja ada orang2 aneh itu. SALUT dan MANTAB buat orang2 aneh itu.
  6. Ktawa-ktiwi
    Kalau ketika kerja kita sering ktawa gak? atau minimal tersenyum lah, atau malah kita sering cemberut, muka ditekuk tekuk?? coba cek. Tertawa merupakan teman yang paling menyenangkan ketika kita melakukan segala sesuatu, karena ketika kita mengerjakan sesuatu yang sulit sekalipun kalau kita temani dengan senyuman ato tertawa, kita akan merasa semakin ringan, ya walaupun klo kita ketawa pekerjaan kita gak terus selesai dengan sendirinya. Ya minimal ada sesuatu yang masih membuat kita semangat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Lihat ya, kalau kita kerja cenderung yang mana??
  7. Seneng
    Inti dari semua ya ini, SENENG! HAPPY, ENJOY!
So setelah melakukan self check  up diatas, coba lihat hasilnya. Kalau memang pekerjaan kita tuh sebagian besar seperti ciri diatas, congrats dech buat kalian! sudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kalian. Tapi klo justru kebalikannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, pertama kita bisa mencoba mencintai pekerjaan tersebut, kata orang jawa bilang "Witing tresno jalaran seko kulino", atau mulainya cinta itu karena kebiasaan, mungkin memang belum cukup waktu untuk cinta ma kerjaan kita, jadi jangan buru2 capcuss ya. Atau pilihan yang lain ya da da bubye... tapi bubye nya baik2 lho ya..hehehe

Impian semua orang memang KERJA=BERMAIN=PASSION, tapi memang kadang dunia tidak menawarkan hal tersebut. Tapi jangan kuatir, kita masih bisa mengusahakannya kq. Saya ada beberapa teman yang menurut mereka dan saya juga melihat, mereka bekerja sudah seperti bermain, dan hebatnya teman-teman saya ini profesinya ada yang karyawan dan ada yang wirausaha sendiri. Kesimpulan saya, kita tidak harus jadi wirausahawan klo ingin bekerja=bermain, jadi karyawanpun tetep bisa kq.
Tulisan ini pun saya tulis waktu pulang dari warung sederhana milik teman saya yg wirausaha tersebut, waktu dia cerita pun sudah kelihatan antusias atas pekerjaannya. hmm apa sech yang dia ceritakan?? tunggu tulisan saya berikutnya ya..

eniwe, thanx to "mb endang buat sharingnya!" itu lho yang punya "Pancake's Company" yang ada di sagan, utara Galeria mall depannya mie tonyong samping mie bangka.. *numpang promosi

see u on top! (selogan temen saya yang karyawan)
be u'r self, but much beter! (kata inspirator saya)



Jangan lupa cek tulisan teman saya di:
www.maxsandy.com
tikayusuf.blogspot.com

Tidak ada komentar: